Translate

Tuesday, July 2, 2019

Critical Book Report- UINSU


Critical Book Report

METODELOGI PENELITIAN KUANTITATIF

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Telaah Kurikulum PAI
Dosen Pengampu :Drs. Hj. Neliwati, S.Ag., M.Pd

Disusun Oleh:
       Ika Nurhasanah    (0301162204)
Pendidikan Agama Islam-2
Semester VI

Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Medan
2019


Kata Pengantar
Bismillahirrahmanirrahim,
Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Critical Book Report sebagai tugas individu mata kuliah Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW semoga kita mendapatkan syafaat nya di akhir kelak, Aamiin.
Di sini saya ucapkan terimakasih kepada Ibu Drs. Hj. Neliwati, S.Ag., M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Serta saya ucapkan terimakasih kepada keluarga dan rekan-rekan yang telah memberikan dukungan dan do’a sehingga saya mampu menyelesaikan tugas ini dengan lancar dan tanpa halangan apapun.
Dalam penyusunan tugas ini tidak luput dari kesalahan dan kekeliruan, untuk itu saya mohon kritik dan saran demi perbaikan. Semoga penyusunan Critical Book Report ini memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat memberikan pengetahuan serta wawasan.


                                                                                       Medan, 12 Juni 2019

  Ika Nurhasanah






A.      Identitas Buku



Judul Buku          :Metodelogi Peneitian Kuantitatif
Penulis                 :Drs. Syahrum. M.Pd dan Drs. Salim. M.Pd
Penerbit               :Citapustaka Media
Tahun Terbit        :2012
Tebal Buku          :IV+ 176 Halaman
ISBN                   :979-3216-90-5

B.            Ringkasan Buku
Buku yang berjudul Metodelogi Penelitian Kuantitatif yang ditulis oleh Drs. Syahrum. M.Pd dan Drs. Salim. M.Pd terdiri dari  7 bab meliputi:
BAB I Pendahuluan
            Perguruan Tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam mentransformasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dari generasi ke genarasi selanjutnya. Adapun sikap dari seorang ilmuwan hendaknya memiliki sikap peragu, objektif, mencari informasi yang fakta atau tidak nihil, mencari data yang sebenarnya. 

BAB II Metodelogi Penelitian Kuantitatif
            Metodelogi penelitian adalah sebuah materi pengetahuan untuk mendapatkan pengertian yang lebih dalam dalam mengenai sistematisasi atau langkah-langkah penelitian. Sedangkan Research adalah suatu untuk menemukan sesuatu, baik ilmu pengetahuan dan mengembangkannya, menguji kebenarannya, dimana penelitian itu dilakukan dengan penelitian (metode) yang ilmiah. Sedangkan penelitian kuantitatif adalah penelitian empiris yang datanya berbentuk angka-angka.         
Adapun bagi seorang peneliti memiliki hal-hal yang dibutuhkan diantaranya: penyelidik membutuhkan teori, penyelidik membutuhkan masalah, penyelidik membutuhkan rencana, penelitian membutuhkan hipotesis, penyelidik membutuhkan sejumlah data, penyelidikan membutuhkan fasilitas, serta penyelidikan membutuhkan kebebasan. Sedangkan ciri-ciri peneitian kependidikan yakni objektif, tepat atau persis, verifikasi, menerangkan, empiris, logis, probabilitis.
             
BAB III Prosedur Penelitian Kuantitatif
Dalam penelitian kuantitatif terdiri langkah-langkah umum dalam penelitian diantaranya: perumusan masalah, pembuatan tujuan, manfaat dan hipotesis, studi pustaka dan konseptualisme, penentuan rancangan penelitian, penentuan variabel penelitian, penetapan populasi, sampel dan teknik sampling, pembuatan instrumen, pengambilan data, pengolaan data, kesimpulan.
Sedangkan dalam tahap-tahap penelitian kependidikan yakni; Penentuan Masalah Secara Umum, Ulasan Kepustakaan, penentuan fokus masalah, pemiihan desain dan metode, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimulan.

BAB IV Populasi, Sampel dan Variabel Penelitian
            Populasi adalah keseluruhan objek yang akan/ingin diteliti. Poplasi ini sering juga disebut universe. Anggota populasi dapat berupa benda hidup ataupun benda mati, dan manusia, dimana sifat-sifat yang ada padanya dapat diukur atau diamati. Sedangkan sampel adalah bagian dari poulasi yang menjadi objek penelitian (sampel secara harifiah artinya contoh).
Teknik sampling adalah cara untuk menentukan sampel yang jumlahnya sesuai dengan ukuran sampel yang dijadikan sumber data sebenarnya, dengan memperhatikan sifat-sifat dan penyebaran populasi agar diperoleh sampel yang representatif. Terdapat dua teknik sampling yang memiliki makna yang berbeda yakni teknik random sampling, dan teknik non random sampling. Sedangkan variabel adalah konsep yang mempunyai variasi nilai (misalnya variabel model kerja, keuntungan, biaya promosi, volume penjualan, tingkat pendidikan manajer dan sebagainya). Variabel juga dapat diartikan sebagai pengelompokan yang logis dari dua atribut atau lebih.
           
BAB V Teknik Pengumpulan Data
            Dalam pengumpulan data diperlukan metode atau teknik pengumpulan data. Adapun instrumen penelitian adalah alat untuk mengumpulkan data dari unit analisis sampel. Untuk mendapatkan data yang baik,  instrumen penelitian khususnya, angket dan tes haruslah memenuhi syarat validitas, realibitas. Dengan demikian dalam  teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif yakni berupa angket atau questioner dan tes atau evaluasi.
           
BAB VI Analisis Data, Penyususunan Dan Pengukuran Skala
            Dalam penelitian kuantitatif dibutuhkan prosedur pengukuran, adapun langkah-langkah dari prosedur pengukuran terdiri dari; menentukan dimensi variabel penelitian, merumuskan masing-masing dimensi, menentukan tingkatan ukuran yang digunakan, menguji validitas dan reabilitas alat ukur.
Analisis data kuantitatif diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik. Penentuan teknik statistik yang akan didasarkan kepada dua faktor yaitu tujuan penelitian dan jenis data yang akan di analisis. Sedangkan data kualitatif dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan data yang dianalisis yakni data nominal, data ordinal, data interval, dan data rasio.
           
BAB VII Rancangan Penelitian dan Prosedur Pembuatan Proposal
            Rancangan penelitian diibaratkan sebagai jalan untuk mencapai kesimpulan. Rancangan penelitian dapat dibedakan dalam rancangan eksploratif, rancangan deskritif, rancangan analitik, rancangan eksperimental, rancangan cross sectional, rancangan case control, rancangan kohor, rancangan observasional, rancangan intervensional, rancangan uji klinis, dan rancangan lapangan.
            Langkah penyususunan proposal  diantaranya: judul penelitian, latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan masalah, kegunaan penelitian, landasan teoritis dan pengajuan hipotesis, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis, metode penelitian (lokasi dan waktu penelitian, jenis penelitian, populasi, sampel, definisi operasional penelitian, alat pengumpu data, teknik pengumpulan data, dan analisis data).
           
C.      Kekhasan dan Kemuktahiran Buku
1.    Kekhasan Buku
a.       Buku ini berisi tentang penjelasan model rumus serta menjabarkannya dengan cara memberikan contoh.
b.      Buku ini ditulis berdasarkan pendapat beberapa ahli dan kemudian penulis menulis argumennya sendiri.
c.       Buku ini memuat daftar isi yang banyak sebagai sumber rujukan penulis.
d.      Buku ini menonjol kepada penjelasan metode yang dijelaskan secara rinci.
e.       Buku ini tidak hanya menjelaskan materi mengenai metodelogi kuantitatif saja, melainkan menjelaskan sedikit mengenai metodelogi penelitian kualitatif.

2.    Kemuktahiran Buku
Kemuktahiran buku ini terdapat pada rumus yang dijabarkan serta penjelasan contoh yang telah dibuat, contoh dari angket, serta informasi yang didapat dalam buku ini seperti penjelasan dari tabel dan perbedaan anatara penelitian kuantitatif serta kulitatif.



D.      Kelebihan dan Kekurangan Buku
1.      Kelebihan Buku
a.       Buku ini memiliki tampilan sampul yang cukup menarik, sehingga menarik perhatian untuk membaca isinya.
b.      Penulisan di dalam buku ini menggunakan bahasa EYD.
c.       Materi yang dijelaskan secara runtut sehingga tampak keterkaitan yang jelas antara materi bab berikutnya dengan bab sebelumnya.
d.      Buku ini dilengkapi dengan istilah, beberapa istilah tersebut ditulis dengan cetak miring.
e.       Buku ini memuat penjelasan dengan menggunakan tabel dan skema yang dapat memudahkan pembaca untuk memahami isi buku tersebut.
f.       Buku ini memuat rumus penilaian.

2.      Kekurangan Buku
a.       Pada bagian pembahasan penulis menggunkan tanda baca “ =>” (panah) dan tanda lainnya selain tanda abjad dan huruf.
b.      Penulis tidak mencantumkan foot note dalam bukunya.
c.       Buku ini tidak menjelaskan contoh proposal dari penelitian kuantitatif.

E.       Rekomendasi
Buku ini sangat cocok sebagai rujukan untuk peminat kajian metodelogi penelitian dari berbagai ilmu pengetahuan baik yang dari kalangan mahasiwa, fakultas pendidikan dan lembaga kependidikan, para peneliti muda, para praktisi pendidikan dan sosial.

F.       Simpulan
Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa diantaranya:
1.        Buku ini menjelaskan Pendahuluan, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Prosedur Penelitian Kuantitatif, Populasi, Sampel dan Variabel Penelitian, Teknik Pengumpulan Data, Analisis Data, Penyususunan Dan Pengukuran Skala, Rancangan Penelitian dan Prosedur Pembuatan Proposal.
2.        Metodelogi penelitian kuantitatif yakni sebuah materi pengetahuan untuk mendapatkan pengertian yang lebih dalam, dalam mengenai sistematisasi atau langkah-langkah penelitian yang bersifat empiris yang datanya berbentuk angka-angka.         
3.        Buku ini sangat cocok sebagai rujukan untuk peminat kajian metodelogi penelitian dari berbagai ilmu pengetahuan baik yang dari kalangan mahasiwa, fakultas pendidikan dan lembaga kependidikan, para peneliti muda, para praktisi pendidikan dan sosial.






No comments:

Post a Comment

CBR Multikultural (UINSU)

Critical Book Report PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan Multikultural Dosen Penga...